MEKANIKA TANAH
Hallo perkenalkan nama saya Muhammad Maulana Arief dengan NIM 2010811210016 dari Program Studi Teknik Sipil Angkatan 2020 Kelompok RK 6 (Theodolit). Kali ini saya akan membahas tentang pondasi salah satunya ialah Mata Kuliah Mekanika Tanah.
Di dalam dunia teknik sipil ini, ilmu geoteknik merupakan hal pokok yang sangat krusial dalam pembangunan suatu infrastruktur. Tanpa ilmu ini, dapat dipastikan bahwa suatu infrastruktur tidak dapat berdiri dengan kokoh, karena geoteknik merupakan cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari ilmu tanah dimana didalam ilmu ini akan dipelajari kemampuan tanah menahan beban yang ada diatasnya, sehingga pembangunan infrastruktur dapat direncanakan sebaik mungkin agar dapat berdiri kokoh sesuai umur rencana.Pada dasarnya, geoteknik adalah suatu alat dalam perencanaan atau design sebuah bangunan. Data geoteknik sendiri harus digunakan secara benar dan sangat teliti dengan asumsi serta batasan yang sudah ada dan dipergunakan untuk dapat mencapai hasil yang kita inginkan (Wijaya, 2012).
Mekanika Tanah (Soil Mechanics) adalah cabang dari ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat fisik dari tanah dan kelakuan massa bila menerima bermacam-macam gaya. Pengembangan selanjutnya dari Ilmu Mekanika Tanah antara lain Ilmu Rekayasa Tanah (Soil Engineering) yang merupakan aplikasi dari prinsip-prinsip Mekanika tanah dalam problem-problem yang lebih praktis.
Masalah-masalah yang berkaitan konstruksi tanah sebenarnya sudah lama dikenal oleh manusia, sejak mereka mulai menggali gua-gua dan membangun tempat tinggal dari tanah-tanah liat atau lumpur sebagai perekatnya. Terbukti banyaknya peninggalan bangsa-bangsa terdahulu yang masih bisa kita saksikan sampai sekarang, misalnya candi Borobudur dan Tembok Cina (dinasti Gh’in 221 – 207 SM.) di wilayah Asia, piramida di wilayah Mesir, bangunan air, jalan dan gedung megah di wilayah Romawi Kuno di Eropa. Pada abad pertengahan banyak bangunan-bangunan megah yang di bangun di Eropa seperti gereja, kastil dan menara. Salah satu diantaranya yang terkenal karena masalah penurunan/settlement yaitu “Menara Pisa” yang dibangun di kota Pisa, Italia Tengah. Menara ini mulai dibangun pada tahun 1174 dan tidak dilanjutkan lagi pembangunannya setelah penurunan yang tidak merata mulai terjadi. Dan akhirnya pembangunan dilanjutkan lagi dan baru selesai pada tahun 1350. Saat itu menara miring 5 meter dari tingginya 60m, dan diramalkan akan terguling 200 tahun lagi akibat penurunan tidak merata yang terus berlangsung, tetapi sampai sekarang menara tersebut masih tetap tegak berdiri dengan kokoh walaupun usianya sudah lebih dari 650 tahun. Pada perkembangan selanjutnya Mekanika Tanah sebagai suatu Ilmu Teknik dimulai dengan adanya publikasi buku “Erdbau Mechanik Auf Boden Physikasi Shear Grundlage” oleh Karl Terzaghi sebagai buku teks pertama mengenai Mekanika Tanah yang diterbitkan di Jerman pada tahun 1925. Buku tersebut membahas prinsip-prinsip dasar dari Ilmu Mekanika Tanah. Dapat dikatakan bahwa Ilmu Mekanika Tanah baru berkembang pada abad ke-20 , yaitu dengan banyaknya publikasi mengenai Mekanika Tanah yang ditulis oleh Karl Terzaghi dan tersebar di Eropa, Asia bahkan sampai ke Amerika, sehingga beliau disebut oleh banyak pakar sebagai “Bapak Mekanika Tanah”.
Sekarang ilmu ini telah berkembang dengan pesatnya sejalan dengan perkembangan teknologi, terutama di negara-negara maju dan telah banyak diciptakan peralatan-peralatan pengujian tanah, sehingga didapatkan hasil yang lebih akurat tentang perilaku.
Mekanika tanah adalah bagian dari geoteknik yang merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik sipil. Mekanika tanah adalah cabang dari ilmu teknik dimana mekanika tanah khusus mempelajari tentang perilaku tanah serta sifat yang diakibatkan oleh tegangan dan regangan yang disebabkan oleh gaya - gaya yang bekerja pada tanah itu sendiri. Ini berkaitan dengan struktur tanah serta bahan yang terdapat pada tanah tersebut. Karena pada dasarnya tanah berasal dari bebatuan yang lapuk (badrudin, 2013). Istilah mekanika tanah diberikan oleh
Karl von Terzaghi pada tahun 1925 melalui bukunya “Erdbaumechanik auf bodenphysikalicher Grundlage” (Mekanika Tanah berdasar pada Sifat-Sifat Dasar Fisik Tanah), yang membahas tentang prinsip-prinsip dasar dari ilmu mekanika tanah modern, dan menjadi dasar studi-studi lanjutan ilmu ini, sehingga Terzaghi disebut sebagai “Bapak Mekanika Tanah” (Agustian,2012).
Ilmu ini sangat berhubungan erat dengan pekerjaan teknik, seperti halnya pekerjaan perkerasan jalan raya, perencanaan pembuatan pondasi, perencanaan pembangunan bawah tanah (gorong - gorong, terowongan, dan lain-lain), sampai pada perencanaan pembangunan penahan longsor. Hal-hal yang menjadi pokok perhatian dalam ilmu mekanika tanah adalah kadar air, angka pori, porositas, serta derajat kejenuhan. Karakteristik tanah juga merupakan poin terpenting dalam mekanika tanah (Miniaha, 2013).
Agar suatu infrastruktur tersebut dapat berfungsi secara sempurna, maka seorang sarjana teknik harus bisa membuat perkiraan dan pendugaan yang tepat tentang kondisi tanah dilapangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi sarjana teknik sendiri untuk ahli dalam berfikir menggunakan logika.
Dalam dunia teknik sipil, tanah merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pembangunan infrastruktur. Hal ini disebabkan karena tanah merupakan tumpuan dari bangunan tersebut, semakin kuat tanah, maka umur bangunan tersebut otomatis akan sedikit lebih lama (jika kekuatan bangunan dipengaruhi oleh tanah). Dalam dunia tenik sipil sendiri, ilmu mekanika tanah digunakan pada berbagai pekerjaan penting seperti pekerjaan perkerasan jalan raya, pekerjaan galian dan timbunan tanah, perencanaan pondasi gedung, perencanaa bangunan dibawah tanah misalnya terowongan, perencanaan galian tanah, perencanaan bendungan, perencanaan bangunan penahan tanah longsor, dan pekerjaan pondasi bangunan seprti gedung bertingkat tinggi (ahadi,-).
Dalam kajian mekanika tanah ini, hal yang paling penting dari tanah adalah Sifat Tanah. Sifat tanah ini meliputi profil tanah, warna tanah, teksture tanah, struktur tanah, porositas tanah serta konsistensi tanah.
#MUHAMMADMAULANAARIEF
#2010811210016
#THEODOLIT
#6
#CIVILENGINEERINGORIENTATION2021
#TEKNIKSIPILULM
#DARAHBIRU
#HM56ERAK
Komentar
Posting Komentar